welcome to the blog "THOTHOEGHT, blog to share knowledgeblog created to promote and disseminate the best science in the field of education, research, general knowledge and specific
want to translate please choose Language
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 09 Januari 2010

Tutorial SPSS

Belajar SPSS
by thoeght

Salah satu program pengolah data statistik yang terkenal adalah SPSS. Program SPSS (dengan versi terbarunya SPSS 17) merupakan program statistik yang paling populer dan paling banyak dipakai di seluruh dunia. Sejumlah kalangan menggunakannya untuk berbagai keperluan seperti riset pasar maupun untuk penyelesaian tugas penelitian semacam skripsi, tesis, disertasi, dan sebagainya. Dalam blog ini akan saya berikan tutorial baik untuk SPSS maupun SPS
SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) merupakan salah satu program yang membantu kita dalam mengolah data penelitian.
Perbedaan antara SPS dan SPSS yang akan saya berikan pembelajarannya di blog ini adalah:
1. SPS dalam hasil dari proses pengolahan data, hasilnya telah dapat kita ketahui langsung tanpa harus membandingkan hasil pengolahan data kita dengan table penelitian sehingga dalam pembacaan hasil penelitian lebih mudah
2. pengoperasiannya lebih mudah karena menggunakan bahasa Indonesia dan tidak perlu memiliki pengetahuan tentang statistika yang penting bisa baca
3. untuk SPS kita harus membeli program karena hasil dari printout tidak bisa dirubah seperti halnya pada SPSS. Dalam program SPS menggunakan DOS jadi untuk mencetak hasil pengolahan data kita harus memiliki print yang support pada program DOS (seri LX, cannon seri 300 ke bawah)
agar teman-teman bisa menggunakan SPSS baik itu versi dahulu maupun yang lama, teman-teman wajib dan wajib tuk memiliki pengetahuan mengenai statistika. Teman-teman dapat belajar di blog ini yang terdiri dari 10 tahap. Saya jamin 100% bisa teman-teman bisa menguasai 10 tahapan dalam belajar pengolahan data penelitian dalam blog ini maka teman-teman sudah bisa membuka konsultasi pengolahan data.
OK. Sekarang kita akan belajar mengenai program SPSS. Yang saya gunakan sebagai dasar adalah SPSS 16. perbedaannya tidaklah jauh dari versi terbaru yaitu versi 17 ataupun versi yang lama 10, 10.5, 11, 11.5 dll.
Yang penting kita tahu cara menggunakan atau menjalankan program dan sekaligus membaca hasil dari pengolahan data yang kita lakukan.
Dalam belajar penggunaan program SPSS akan saya bagi mejadi beberapa bagian jadi teman-teman yang pingin belajar SPSS bisa dengan lancar dan terperinci dalam proses belajarnya.
Teman-teman harus bersabar dalam belajar, dan saya akan berusaha untuk cepat mempostingan mengenai Belajar SPSS. Mohon pengertian teman-teman smua karena saya berusaha agar apa yang saya postingkan nanti akan dengan mudah dikuasasi dan dimengerti oleh teman-teman.
trims


Comments :

0 komentar to “Tutorial SPSS”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by "THOE-THOEGHT"