welcome to the blog "THOTHOEGHT, blog to share knowledgeblog created to promote and disseminate the best science in the field of education, research, general knowledge and specific
want to translate please choose Language
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Kamis, 31 Desember 2009

TIP DAN TRIK

Tips Ringan untuk menghindari PC kamu terjangkiti virus
by thoeght

Hello teman2 semua, jumpa lagi, kali ini saya akan menerapkan pengalaman pribadi he....he........ katanya pengalaman adalah guru yang berharga tul gak??????
Berikut ini adalah tips yg aku dapat dari pengalamanku sehari-hari dalam menggunakan PC.
Pada postingan yang lalu telah diuraikan mengenai virus dan cara kerja virus. Saya akan menepati janji untuk memmeberikan beberapa pengalaman yang aku dapatkan agar PC atupun laptop kita tidak terkena virus
Langkahnya adalah sebagai berikut :
Pertama
Matikan fungsi autorun. Giman caranya ??? Untuk Windows XP, cara paling mudah adalah menggunakan software TweakUI klik disini yang berasal dari microsoft. Setelah kamu selesai men-download dan meng-install program tersebut lalu jangan centang pilihan ‘Enable Autoplay for removable drives‘ untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar berikut :
Gambar1

Kedua
Update teratur antivirus kamu. Saya tidak akan menyarankan kamu memakai antivirus tertentu, yang saya sarankan update teratur antivirus kamu minimal 1 kali dalam 1 minggu. Jika kamu sensitif dengan performa PC-mu pakai antivirus yang memakai resource memory rendah.
Ketiga
Jangan langsung meng-klik icon flashdisk yg ada di My Computer tapi pilih icon flashdisk yg ada di Expand Folder Tree.windows explore.
Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah :
Gambar 2

Dalam blog ini juga ada penjelasan langkah untuk mengamankan flasdisk dari autorun.
Keempat
Gunakan AntiVirus
Tentu saja ini yang paling penting. Mau nggak mau anti virus seperti sebuah penjaga yang akan mencegah berbagai macam virus. Oh ya! Jika nggk punya duit jangan gunakan antivirus bajakan…gunakan antivirus gratis saja. Tidak kalah hebat kok dalam membasmi virus internet. Jika ingin mendapatkan antivirus yang gratis sudah banyak yang menyediakan. Jika teman-teman ingin menginingkannya
Kelima
Hati-hati saat bermain di dunia maya. Kebanyakan virus internet menyebar dari situs porno maupun warez (mp3 ilegal, software bajakan dsb). Jika tidak mau terkena virus ya jangan kesana. Ini cara terbaik dalam mencegah virus komputer.
Tapi saya tahu kamu sudah kecanduan dengan situs semacam itu. Maka daripada itu jika ada peringatan dari browser kamu, lebih baik acuhkan saja situs tersebut. Atau saat berkunjung ke website itu muncul kotak dialog yang isinya meminta untuk menginstall sesuatu..sudah acuhkan saja.
Berhati-hatilah biasanya situs semacam itu menggunakan permainan kata-kata seperti sedang memberikan hadiah kepada kamu. Kenyataanya itu adalah sebuah virus internet yang dapat mengganggu keamanan komputerKalo kamu suka OL lewat warnet pastikan PC yang kamu pakai bersih dari virus sebelum kamu memasangkan flashdiskmu. Selain itu ada baiknya kamu memiliki warnet langganan.Hampir serupa dengan tips sebelumnya jangan memasang flashdisk disembarang PC apalagi PC yg sering dipakai bersama . Selalu scan flashdisk yang terpasang pada PC-mu tidak peduli siapa pemilik flashdisk itu.
Keenam
Selalu scan file yang di download
Apapun file yang kamu download walaupun itu berasal dari website yang terpercaya seperti blog ini. Itu Harus tetap diSCAN pakai anti virus. Contohnya setelah kamu mendownload ebook gratis, apa kamu yakin ebook itu bebas kuman eh maksudnya bebas virus. Atau saat mendapatkan script gratis..apa benar script itu benar-benar aman.
Mencegah itu selalu lebih baik daripada mengobati
Ketujuh
Hati-hati terhadap email yg gak tahu pengirimnya
Salah satu penyebaran virus internet adalah melalui email. Apalagi jika mendapat email yang berisi file seperti EXE, VBS, BAT. Ditambah itu dikirim oleh orang asing…bisa-bisa virus internet itu mematikan komputer lalu reboot dan muncul pesan “Selamat Harddisk kamu kapasitasnya bertambah ”
Gimana nggak bertambah, lha wong semua file dihapus. Pernah ngalamikah?????
Kedelapan
Baca terus Artikel keamanan komputer
Perkembangan sebuah komputer itu berjalan seperti halnya seekor panther …cepat sekali. Mungkin artikel kemanan komputer yang kamu baca 1 bulan yang lalu sudah usang termakan zaman. Jadi terus-teruslah membaca berbagai artikel komputer yang bagus seperti di blog ini
Kalo ada yang mo komentar silakan, kalo ada yang mo kritik silakan, kalo ada yg mo ngikutin Alhamdulillah bisa tuk bekal besok di dunia lain he....he.......
Semoga tips ini berguna bagi kita semua


Comments :

0 komentar to “TIP DAN TRIK”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by "THOE-THOEGHT"